Gubuk Berkisah

Gubuk Berkisah

4 Gunung di Jawa Tengah Untuk Pendaki Pemula beserta Estimasi Waktu

Gunung Pendaki Pemula
Ilustrasi Pendakian


GUBUKBERKISAH.MY.ID- Mendaki gunung saat ini sudah menjadi tren baru di kalangan masyarakat Indonesia. 5 Gunung Untuk Pendaki Pemula ini sangat cocok bagi mereka yang baru saja mendaki gunung.

5 Gunung Untuk Pendaki Pemula ini memiliki kesulitan dan medan yang tidak terlalu berat, dan cukup untuk pengenalan awal bagi pendaki pemula. 

 Berikut 5 Gunung Untuk Pendaki Pemula yang bisa menjadi referensi bagi pendaki pemula. 

Gunung Mongkrang

Gunung Mongkrang ini berada di bawah kaki Gunung Lawu, tepatnya di sebelah selatan. Beralamat di Tlogo Dringo, Gondosuli, Karanganyar, Gunung yang memiliki ketinggian 2.194 meter di atas permukaan laut ini, memiliki estimasi waktu yang bisa terbilang cukup singkat. 

Waktu yang ditempuh dari basecamp hingga puncak 1 adalah sekitar 1 jam hingga 2 jam saja untuk pemula. Harga tiket masuk untuk camping hanya Rp 15.000 saja perorang, dengan jam buka pukul 07.00-14.00. Sedangkan tiket masuk tanpa camping seharga Rp 10.000. 

Selama perjalanan, pendaki akan disuguhkan keindahan alam dengan kombinasi vegetasi terbuka dan tertutup. Salah satu keunggulan dari gunung ini juga adalah adanya warung di beberapa titik jalur pendakian. 

Gunung Andong 

Gunung Andong beralamat di Desa Tlogorejo, Grabag, Magelang. Memiliki ketinggian 1.726 meter di atas permukaan laut, Gunung Andong menawarkan pemandangan puncak Gunung Merapi dan Merbabu. 

Salah satu kelebihan bagi pemula jika mendaki Gunung Andong ini adalah adanya warung di puncak. Pendaki tidak perlu kebingungan mencari logistik tambahan atau bahkan jika kehabisan logistik ketika melakukan pendakian. 

Estimasi waktu pendakian Gunung Andong adalah sekitar 2-3 jam.Beberapa titik di jalur pendakian juga terdapat kamar mandi. 

Harga tiket masuk Rp 20.000 perorang, dan basecamp buka 24 jam. Jadi bagi kalian yang ingin mendaki Gunung Andong tidak perlu risau, karena bisa mendaki di waktu kapanpun. 

Gunung Prau 


Gunung Prau memiliki ketinggian 2.590 meter di atas permukaan laut. Terdapat beberapa jalur untuk menuju puncak yaitu, via Patak Banteng, Dieng, Kalilembu, Igirmranak, Wates, dan Dwarawati. 

Dari 6 jalur pendakian tersebut, jalur Patak Banteng adalah jalur yang paling familiar. Ada pula jalur Wates yang menawarkan ojek dari basecamp hingga pos 1. 

Estimasi waktu pendakian Gunung Prau selama 3-4 jam dengan harga tiket masuk seharga Rp 15.000 perorang, dengan parkir Rp 10.000 untuk motor, dan Rp 25.000 untuk mobil. 
 

Gunung Ungaran 

Gunung Ungaran berlokasi di Ungaran, Kabupaten Semarang dengan ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut. 

Terdapat beberapa jalur yang bisa dipilih para pendaki untuk mencapai puncak, seperti jalur via Perantunan, via Mawar, via Gedong Songo, dan via Promasan. 

Estimasi waktu perjalanan sekitar 7-12 jam bila melalui jalur Mawar dengan harga tiket masuk seharga Rp 15.000 perorang. ***


Posting Komentar

0 Komentar