Gubuk Berkisah

Gubuk Berkisah

Memahami Peta dan Jenisnya, Pahami Agar Tidak Salah Memilih!

 

Sumber : Badan Informasi Geospasial.

GUBUKBERKISAH.MY.ID- Peta merupakan salah satu kelengkapan yang sangat penting dalam berkegiatan di alam terbuka. Peta adalah gambaran sebagian maupun seluruhnya dari muka bumi dan diproyeksikan secara dua dimensi pada bidang datar dengan perbandingan skala tertentu.

Tanpa adanya peta, navigasi darat akan menemukan kesulitan khususnya dalam melakukan penginderaan muka bumi (interpretasi medan).

Peta memiliki beberapa jenis, untuk dipahami berikut ini beberapa jenis tersebut :

1.       Peta Geografik.

Peta ini menyajikan gambaran bumi secara menyeluruh terkait permukaan fisik bumi. Skala lebih kecil dari 1:250.000, contohnya atlas, globe.

2.       Peta topografi.

Peta ini memunculkan bentuk relief bumi, atau dalam bahasa umum disebut juga sebagai peta rupa bumi. Peta ini memberikan proyeksi tinggi rendahnya suatu permukaan di bumi secara dua dimensi, dan memiliki skala antara 1:250.000 sampai dengan 1:25.000 contohnya adalah peta RBI BIG (Bakosurtanal), peta militer, caltopo,dll. Peta jenis ini yang paling sering digunakan dalam kegiatan navigasi darat.

3.       Peta teknik.

Peta ini menyajikan proyeksi gambaran permukaan fisik bumi untuk menunjang kebutuhan-kebutuhan teknik tertentu. Skala yang digunakan pada peta ini lebih besar dari skala 1:25.000, contohnya peta teknik jaringan kabel telepon, peta teknik jalan raya, dll.

4.       Peta tematik.

Peta ini menyajikan data atau informasi yang mempunyai tema tertentu sehubungan dengan kedudukan geografisnya. Contoh dari peta ini adalah peta kebun sawit, peta distribusi logistik, peta wilayah operasi, dll.

Di dalam peta setidaknya memiliki beberapa kelengkapan isi yaitu judul peta, keterangan pembuatan peta, nomor peta, skala peta, legenda, karvak, dan garis kontur.

Para pegiat alam, pandu, pramuka, dan pioneer dapat mendapatkan peta topografi untuk kegiatan navigasi darat melalui situs resmi BIG (dulu Bakosurtanal) yaitu tanahairindonesia.com, atau melalui aplikasi website seperti caltopo, maupun sumber peta lain seperti peta militer (Kodim setempat), namun untuk peta militer umumnya memiliki skala 1:50.000.***

Posting Komentar

0 Komentar