Gubuk Berkisah

Gubuk Berkisah

Yuk Mengenal Lebih Jauh Satuan Karya Bhakti Husada, Cocok Buat Pramuka yang Suka Bidang Kesehatan

Satuan Karya Bhakti Husada. (Foto:Kemenkes RI)


GUBUKBERKISAH.MY.ID- Dalam golongan Penegak dan Pandega, Satuan Karya Bhakti Husada merupakan salah satu dari sekian banyak saka yang diminati oleh Pramuka. 

Satuan Karya Bhakti Husada fokus melatih Pramuka dengan minat dan bakat di bidang kesehatan.. 

Selain itu, Satuan Karya Bhakti Husada merupakan satuan karya yang berada di bawah naungan Kementrian Kesehatan. 

Anggota Saka Bhakti Husada merupakan Pramuka Penegak maupun Pandega yang memiliki minat dalam bidang kesehatan dan merupakan anggota di gugus depan wilayah ranting maupun cabang. 

Selain itu, dalam struktur organisasi Saka Bhakti Husada terdapat susunan Dewan Saka yang terdiri dari anggota Saka Bhakti Husada yang melaksanakan tugas dan fungsi kegiatan saka sehari-hari. 

Kemudian terdapat Pamong Saka yang bertugas untuk melakukan pembinaan dan pengembangan satuan karyanya. Pamong Saka memiliki kualifikasi pembina mahir. 

Selanjutnya, terdapat Instruktur Saka yang merupakan anggota Pramuka maupun individu yang memliki kemampuan di bidang kesehatan dan dapat menyumbangkan keahliannya untuk kemajuan Saka Bhakti Husada. 

Lalu Pimpinan Saka yang melakukan bimbingan secara organisatoris berupa berbagai fasilitas dan dukungan. Juga terdapat Majelis Pembimbing atau Mabi Saka yang memberi dukungan moral material untuk pembinaan Saka. 

Saka Bhakti Husada memiliki sejumlah Krida, antara lain : 

1. Krida Bina Lingkungan Sehat

2. Krida Bina keluarga Sehat 

3. Krida Bina Pengendalian Penyakit 

4. Krida Bina Gizi 

5. Krida Bina Obat 

6. Krida PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)

Itulah profil Satuan Karya Bhakti Husada yang dhimpun tim dari Pedoman Umum Pembinaan Saka Bhakti Husada Kemenkes RI tahun 2018. Semoga bermanfaat.***

Posting Komentar

0 Komentar