Gubuk Berkisah

Gubuk Berkisah

Catatan Bujangan Tambun-4th Week : Membangun Rutinitas



GUBUKBERKISAH.MY.ID- Memasuki minggu keempat, sejatinya banyak hal yang mulai berubah saya rasakan. Hal yang paling sederhana adalah kebugaran badan yang semakin membaik. 

Biasanya, sebelum saya berolahraga dulu, ketika bangun tidur rasanya berat sekali dan ada saja bagian tubuh yang pegal-pegal. Entah karena memang kondisi fisik saya yang kurang bagus, atau memang karena kasur saya yang memang sudah amblong seperti bekas ledakan bom itu (hehe). 

Di minggu keempat ini saya mulai merasakan ada perubahan kecil di tubuh saya. Dada saya terlihat sedikit membidang, tidak letoy seperti minggu-minggu sebelumnya. Otot di betis saya juga nampak lagi, padahal hanya modal squat dan lunges sewaktu olahraga. 

Untuk pola makan, saya masih menerapkan intermitent fasting yang meskipun belum stabil alias berganti-ganti jam makan, tetap saya lakukan. 

Kadang saya berpuasa 13 jam saja, sesekali bahkan saya berpuasa 16 sampai 17 jam. Tak masalah mau berapa pun, setidaknya saya sudah melakukannya dengan baik, dan yang terpenting adalah Fun!. Tidak menjadi beban. 

Ada yang perlu saya koreksi di minggu keempat ini, khususnya waktu olahraga saya. Pada minggu pertama sampai minggu keempat, saya kerap berolahraga setelah jendela makan saya tutup. Antara jam 18 sampai 19 malam. 

Hasilnya, setelah berolahraga perut justru lapar. Hal ini wajar, karena saya berolahraga angkat beban selama 30 menit dengan bodyweight training. Badan saya memerlukan energi besar untuk itu, dan oleh karenanya rasa lapar sering melanda, malah pada saat memasuki waktu puasa. 

Pada minggu keempat saya mengubahnya. 2 jam sebelum jendela makan tutup saya berolahraga kira-kira 30 sampai 45 menit. Setengah jam setelah berolahraga saya kemudian makan untuk yang kedua kalinya di jam makan saya (tentu tetap dalam porsi yang minim). 

Hal tersebut rupanya efektif. Saya tidak merasa lapar setelah berolahraga, khususnya saat jam puasa. Perubahan metode dan waktu olahraga ini akan saya lakukan untuk minggu-minggu berikutnya. 

Olahraga yang saya gunakan masih sama. Memadukan latihan beban dengan bodyweight training dan kardio. Biasanya saya 30 menit terlebih dahulu latihan beban. Baru setelahnya, saya jalan kaki kira-kira 10 sampai 15 menit saja. 

Saya berlatih 5-6 kali perminggu dengan rest day kadang 2 hari kadang 1 hari. Hal itu membantu tubuh saya untuk meregenerasi sel yang rusak dan membangun otot. Untuk makanan saya memperbanyak protein baik dari sumber hewani maupun nabati. Untuk protein hewani saya memakai telur, ayam, dan ikan. Sedangkan nabati hanya tahu dan tempe. Sampai jumpa di minggu berikutnya!.

Posting Komentar

0 Komentar