Gubuk Berkisah

Gubuk Berkisah

Catatan Bujangan Tambun- 3rd Week : Konsistensi Itu Benar Mahalnya!



GUBUKBERKISAH.MY.ID-  Saya memasuki minggu ketiga melakukan budaya hidup sehat dalam rangka mengembalikan bentuk tubuh saya seperti waktu masih catar. Minggu ketiga ini awalnya saya lakukan dengan menaikkan set saat melakukan bodyweight training. 

Pada dua minggu sebelumnya saya hanya melakukan setiap gerakan dengan total 3 set dan 10 repetisi. Sedangkan pada mingu ketiga ini saya menambahkan 1 set dengan jumlah repetisi yang masih sama. 

Sayangnya, di minggu ketiga ini memang begitu banyak jadwal yang harus saya lakukan. Selama satu minggu penuh, saya harus membina peserta didik saya untuk mempersiapkan penampilan di sebuah acara promosi sekolah. 

Senin 9 Oktober 2023, saya masih melakukan intermitent fasting selama 13 jam puasa, dan berolahraga selama 30 menit. 

Hal yang sama juga saya lakukan di hari kedua, tepatnya pada Selasa, 10 Oktober 2023. Rabunya, saya tidak berolahraga dan hanya melakukan intermitent fasting. 

Saya kembali berolahraga hanya selama 20 menit pada Kamis. Sisanya, di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu saya sama sekali tidak berolahraga. 

Pada Sabtu dan Minggu saya tidak berpuasa maupun berolahraga. Wajar saja, Sabtunya, kawan dekat saya yang bertugas di Jayapura pulang dan mengajak untuk barbeque-an kecil di halaman rumahnya. Saya melahap 3 buah jagung bakar malam itu. 

Hehe, walau demikian saya tidak merasa ambil pusing. Karena selain ingin mengembalikan bentuk tubuh seperti jaman calon taruna dulu, sejatinya saya berolahraga dan berpuasa untuk membangun budaya atau habit. 

Saya sejak awal berprinsip untuk tidak terlalu membebani pikiran dan menyalahkan diri sendiri selama proses berlangsung. 

Belajar dari pengalaman yang sudah-sudah, kadang kala bila saya terlalu ketat justru kebosanan lebih cepat saya alami. Ujung-ujungnya, saya tidak bisa konsisten dalam menerapkan gaya hidup sehat. 

Itulah mengapa saya tak ambil pusing. Kesimpulan dari minggu ketiga ini saya hanya berolahraga 3 kali dalam seminggu dengan total waktu selama 80 menit. 

Sedangkan untuk rata-rata waku puasa saya sekitar 11,7 jam. Hal ini menurun dari minggu kedua. Yaah, walau turun, bukan menjadi halangan untuk terus konsisten bukan? Hehe, saat tulisan ini ditulis, saya memasuki hari kelima pada minggu keempat. 

Sampai jumpa di catatan bujangan tambun mingu berikutnya.***

Posting Komentar

0 Komentar